cara mengedit template blog mengganti tampilan, mengubah ukuran font warna dan lainnya

Kangkomar.net - Cara mengedit template blog mengganti tampilan, mengubah ukuran font, warna dan lain sebagainya dapat di lakukan dengan mudah jika kita mau berusaha dan mendoba hal baru pasti hal ini tidak akan menjadi masalah yang berarti apalagi jika sahabat sudah sedikit mengerti tentang kode hmtl.

Tetapi bagi newbie seperti kangkomar hal ini bukanlah perkara yang mudah kangkomar terus mencoba dan sekarang sedang mengembangkan template portfolio yang mungkin dalam waktu 1 2 bulan sudah siap terbit ke muka umum alias publik.

Mengedit atau memodifkiasi tampilan blog itu menyenangkan dan sebenarnya tidak begitu sulit sedikit banyak tentang script Css (cascading style sheets), Html, dan javascript. Hal tersebut harus kita ketahui karena jika ingin membuat tampilan blog agar lebih keren, memberi warna dan suasan baru, atau mungkin kita bosa dengan tampilan blog yang itu-itu saja mulailah mencoba dan berkreasi.

Menguraikan dan membaca script atau kode tentu adalah hal yang menyebalkan terkhusus untuk blogger pemula termasuk kangkomar dulu he, namun jika sahabat mengerti sedikit banyak tentang kode itu, hal yang tadinya menyebalkan bisa menjadi menyenangkan dan memberi kepuasan tersendiri untuk kita sahabat.


Cara mengedit template blog

  1. Pertama-tama masuk ke akun blogger.com >> Buka blog yang akan di edit templatenya >> pada menu bar blogger sebelah kiri, klik template >> pada menu template kemudian klik edit html.
  2. Jika sudah membuka edit html biarkan dahuku, sekarang buka blog sahabat, kita akan melakukan pengeditan tampilan blog dari Inspect Elemen terlebih dahulu sebelum praktek ke dalam menu edit template yang sesungguhnya.
  3. Inspect Elemen atau perikasa elemen yang akan sahabat edit gaya, warna, ukuran dan lain sebagainya, kemudian klik kanan pada bagian yang akan di edit, pilih periksa elemen / Inspect Element.
  4. Untuk pengeditan kangkomar sangat menyarankan menggunakan browser Mozila firefox, unduh di sini, karena untuk memodifikasi css lebih mudah dan enak, ata juga bisa menggunakan browser chrome juga tidak masalah.
  5. Kode Html yang sebelah kiri, dan kode Css yang sebelah kanan Inspect Element.
  6. Mengedit kode Html dengan klik kanan kode Html yang di inginkan, kemudian Edit As Html, atau Tekan F2 saja pada kode tersebut.
  7. Mengedit kode Css yaitu dengan cara klik Property / Value Css yang ada di sebelah kanan Inspect element, kemudian ganti atau memodifikasi sesuai keinginan sahabat. Pada contoh di bawah ini, kangkomar mengganti value nilai dari warna background elemen, Menu contohn pada gambar 2  di bawah postingan sahabat.
  8. Pengguan Firefox, pada bagian inspect element, pilih style editor / editor gaya,  untuk fokus ke pengeditan css, editing Htmlnya pada Inspector / Inspektur tab Inspect Element contoh pada gambar 3 di bawah.
  9. Pilih Style utama blog sahabat, yang hendak di Edit, atau periksa satu persatu kumpulan Css yang ada di sebelah kiri gambar berikut, silahkan sahabat mengotak-atik css yang ada pada kolom tengah, contoh pada gambar 4 (lihat di bawah).
  10. jangan sungkan dan ragu untuk menghapus atau menambahkan kode pada css maupun html, karena pengeditan ini sifatnya sementara saja dan hanya terjadi pada komputer sahabat ketika terkoneksi internet saja dan setelah itu hilang.
  11. Tetap lanjutnkan saja proses memodifikasi, jika sudah menemukan atau menyelesaikan desain yang di inginkan, Save atau salin kode Html dan css yang baru tersebut, ke Edit Html yang ada pada blog sahabat, cari saja di blog dengan Ctrl+F agar memudahkan menemukan kode html atau css yang di ganti.
  12. Jangan berhenti berusaha mencoba terus menerus, jiak belum berhasil coba dan coba terus, karena semakin sering kita menemukan masalah dan memecahkannya, semakin banyak juga pengalaman kita dalam mendesain sebuah tampilan website.
  13. Gunakan juga tools color generator dan editor Html Css blog, yang mungkin memudahkan dan membantu sahabat dalam proses memodifikasi tampilan blog, tools ini dapat di unduh gratis di Google.


Semoga artikel yang kangkomar buat ini bisa menjadi referensi untuk memodifikasi tampilan blog atau web, demikian cara mengedit template blog mengganti tampilan, font, warna dan lain sebagainya sampai di sini dulu kangkomar menjelaskannya semoga dapat bermanfaat bagi seluruh sahabat kangkomar.net sampai jumpa dan salam sukses untuk seluruh blogger Indonesia.

7 comments

avatar

pake blogspot jadi bisa sedikit edit html, meskipun tak jarang sering error...

avatar

hehe sama mas dengan saya yang penting mau mencoba kesalahan adalah proses menuju sebuah kesuksesan mas yusron he

avatar

mas ngerti gak cara masukin code google adsense ke HTML blog?

avatar

silahkan baca di postingan ini mas http://www.kangkomar.net/2017/04/cara-memasang-script-iklan-google.html

avatar

oke, otw dulu mas

avatar

monggo ati2 liat kanan kiri jangan sampai tersesat

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon